BOB
sharing is caring
Berapa Besar Biaya Hidup di Jogja?
Berapa Besar Biaya Hidup di Jogja?

Berapa Besar Biaya Hidup di Jogja?

Yogyakarta atau yang juga dikenal dengan nama Jogja merupakan salah satu daerah yang menjadi magnet bagi banyak orang di Indonesia. Ada banyak universitas atau perguruan tinggi yang tersebar di wilayah ini. Sehingga, banyak mahasiswa yang datang ke Jogja untuk kuliah. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata baik wisata budaya, sejarah, maupun alam. Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak orang yang datang ke Jogja. Beberapa dari mereka yang datang akhirnya tinggal di Jogja karena merasa nyaman. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk tinggal di Jogja, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah biaya hidup karena berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan masyarakat selama tinggal di Jogja.

Besarnya Pengeluaran Bulanan di Jogja

Untuk mengetahui seberapa banyak besarnya pengeluaran per bulan di Jogja, ada beberapa parameter yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah biaya untuk tempat tinggal. Bagi mahasiswa, mereka bisa menyewa kos seharga 250.000 – 600.000 per bulan. Hal ini tergantung dari fasilitas yang ditawarkan oleh kos tersebut serta lokasi kos. Selain itu, beberapa kos eksklusif memiliki harga yang lebih mahal di atas 1 juta rupiah. Sedangkan bagi masyarakat yang ingin menyewa rumah, mereka bisa memilih rumah yang letaknya di pinggiran kota. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya sewa rumah. Umumnya biaya sewa rumah per tahun sekitar 10.000.000 – 25.000.000 rupiah per tahun.

Selain biaya tempat tinggal, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah biaya transportasi. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah kota Yogyakarta dan ingin menggunakan transportasi umum, mereka bisa  menggunakan transportasi Trans Jogja. Biaya yang dibutuhkan sekitar 3.500 rupiah. Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan sepeda motor pribadi yang tentunya akan lebih murah. Komponen biaya hidup lain saat tinggal di Jogja adalah pengeluaran untuk makan. Jogja dikenal sebagai salah satu kota dengan kuliner yang lezat dan murah. Beberapa tempat tradisional Jogja masih memiliki menu makan lengkap dengan minum seharga 10.000 Р15.000 rupiah. Sehingga, besarnya biaya makan selama satu hari sekitar 30.000 Р50.000 rupiah.

Kebutuhan pokok lainnya juga bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket yang menyediakan promo. Selain itu, untuk kebutuhan koneksi internet, masyarakat bisa menggunakan paket kuota atau jaringan Wi-Fi. Besarnya biaya koneksi internet ini tergantung dengan durasi dan frekuensi penggunaan. Sementara itu, biaya listrik yang perlu dibayarkan juga tergantung dengan besarnya penggunaan. Oleh karena itu, secara kasar biaya hidup untuk tinggal di Jogja sekitar 1.5 juta hingga 3 juta rupiah. Hal ini bergantung dengan gaya hidup dan fasilitas apa saja yang digunakan oleh masyarakat.

Hidup Sehat dengan Catering Murah

Bagi masyarakat yang tinggal di Jogja dan ingin menikmati sajian makanan lezat namun bergizi, mereka bisa menggunakan jasa catering makanan yang tersedia di Jogja. Salah satunya adalah jasa catering nasi box yang disediakan oleh Gizigo. Jasa catering ini memiliki harga yang terjangkau sehingga tidak membuat masyarakat boros. Selain itu, menu catering yang disediakan juga disesuaikan nilai gizinya dengan kebutuhan gizi masyarakat. Sebagai contoh, bagi penderita diabetes melitus, mereka bisa menikmati menu catering diabetes melitus. Menu ini dibuat dengan bahan makanan yang rendah gula namun kaya serat. Sehingga, makanan catering tersebut tetap terasa lezat namun aman bagi kesehatan. Informasi lebih lengkap mengenai catering makanan ini bisa dilihat di https://gizigo.id/catering/nasi-box-jogja/.