BOB
sharing is caring
Yuk Kepoin 3 Cara Memelihara Ayam di Rumah Supaya Cepat Cuan
Yuk Kepoin 3 Cara Memelihara Ayam di Rumah Supaya Cepat Cuan

Yuk Kepoin 3 Cara Memelihara Ayam di Rumah Supaya Cepat Cuan

Budidaya ayam kampung menjadi salah satu bisnis yang cukup menarik dengan peluang menjanjikan. Mengingat bahwa ayam termasuk bahan makanan yang populer di masyarakat. Namun tentunya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu agar bisnis cepat cuan. Adapun cara memelihara ayam di rumah bisa dilakukan sebagai berikut.

Cara Budidaya Ayam di Rumah

  1. Sistem Umbaran

Untuk budidaya ayam di rumah, sistem umbaran sangat tepat dilakukan. Sistem umbaran sendiri yaitu membiarkan ayam berkeliaran di pekarangan tanpa perlu repot dimasukkan ke kandang. Namun tentu anda tetap perlu menyediakan kandang untuk beberapa keperluan. Cara ini cocok dilakukan apabila rumah anda tidak berada di lingkungan padat penduduk.

  1. Persiapan Kandang

Kandang ayam tetap perlu disiapkan sebagai tempat berlindung dan berkembang biak ayam. Dalam membuat kandang, ketentuannya yaitu tinggi minimal 3 meter dengan sekat menjadi dua area untuk anakan ayam dan ayam dewasa. Anda bisa membuatnya dari kayu ataupun bambu dengan bentuk dinding yang rapat.

  1. Memilih Induk Ayam

Supaya cepat berkembang biak dan menghasilkan budidaya yang sukses, memilih induk ayam tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pastikan anda memilih indukan jantan yang aktif bergerak dan bisa berkokok lantang, dan indukan betina yang bertubuh besar serta siap kawin. Nantinya anda bisa menempatkannya di kandang dengan komposisi 1 jantan dan 10 betina.

Jika diberi makanan penuh nutrisi, proses budidaya ayam kampung ini akan berjalan lancar. Satu ayam betina bisa bertelur mencapai 5 sampai 14 butir, dan telurnya akan menetas setelah 14 hingga 20 hari. Selanjutnya anda bisa merawat anakan dengan memberi makanan khusus berupa jagung yang digiling halus sampai usianya 2 bulan. Setelah itu anda bisa memindahkannya ke kandang ayam dewasa.