BOB
sharing is caring
Cara Meredakan Demam dan Pusing Pada Anak-Anak
Cara Meredakan Demam dan Pusing Pada Anak-Anak

Cara Meredakan Demam dan Pusing Pada Anak-Anak

Demam dan pusing sering kali terjadi di saat yang bersamaan pada anak saat sakit. Karena itu orang tua perlu hati-hati dalam penangannya. Ada baiknya orang tua membaca cara meredakan demam dan pusing pada anak-anak berikut ini.

Cara Meredakan Demam dan Pusing Pada Anak-Anak

Bila sang buah hati mengalami demam dan pusing, orang tua tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah tips dan cara meredakan demam dan pusing pada anak-anak yang efektif.

  1. Selalu sediakan termometer di rumah agar orang tua dapat mengukur suhu tubuh anak ketika tebuh terasa panas atau anak mengeluh pusing.
  2. Orang tua boleh memberikan obat penurun panas saat anak demam dan pusing, karena dengan minum obat penurun panas biasanya juga dapat meredakan nyeri kepala/pusing. Obat yang bisa diberkan biasanya seperti parasetamol atau ibuprofen khusus anak-anak.
  3. Orang tua harus memastikan dengan teliti bahwa dosis yang diberikan sesuai dengan usia anak. Kebutuhan dosis obat penurun panas dapat dibaca pada kemasan obat penurun panas yang dijual di apotek atau toko obat.
  4. Setelah anak berikan obat, cek kembali apakah panas anak sudah menurun. Ukur suhu tubuh si Kecil dengan termometer dan bandingkan suhu sebelum dan sesudah diberikan obat penurun panas. Tanyakan juga kepada anak apakah keluhan pusing sudah berkurang atau tidak. Bila ternyata belum ada perubahan, orang tua harus tetap tenang dan segera pergi ke dokter dan konsultasi ke dokter.
  5. Tanyakan kepada anak apakah panas dan pusingnya disertai dengan nyeri/ kaku pada area leher atau tidak? Jika anak menjawab iya, tetap tenang, segera bawa anak ke dokter untuk diperiksa dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.