BOB
sharing is caring
Tutorial Lengkap Cara PowerPoint as Virtual Background in Zoom
Tutorial Lengkap Cara PowerPoint as Virtual Background in Zoom

Tutorial Lengkap Cara PowerPoint as Virtual Background in Zoom

Sudah tahukah Anda bagaimana cara PowerPoint as virtual background in zoom? Seperti yang sudah Anda ketahui jika presentasi dalam bentuk PowerPoint bisa dibagikan dalam sebuah pertemuan zoom meeting. Caranya adalah dengan melakukan Share Screen pada aplikasi zoom meeting tersebut.

Nah, untuk update terbaru aplikasi zoom, tidak hanya itu saja yang bisa dilakukan. Kini para penggunanya juga bisa menempatkan slide presentasi PowerPoint sebagai background. Tentunya hal ini bisa memberikan pengalaman baru bagi para penggunanya.

Sayangnya masih cukup banyak yang belum bisa melakukannya. Padahal cara PowerPoint as virtual background in zoom ini sangatlah mudah. Langkah-langkahnya pun bisa dikatakan sangat simpel.

Catatan Penting sebelum Buat PowerPoint jadi Background Zoom

Ada beberapa hal penting yang harus Anda pahami sebelum menggunakan PowerPoint sebagai background zoom. Catatan penting pertama adalah pada saat Anda menggunakan PowerPoint as virtual background in zoom, semua transisi, animasi, hingga audio yang dimasukkan ke dalam slide presentasi tidak bisa digunakan.

Dengan kata lain, jika Anda ingin melakukan tindakan ini ada baiknya Anda tidak perlu menambahkan transisi, animasi, maupun audio pada slide PowerPoint yang ingin Anda jadikan sebagai virtual background in zoom.

Catatan penting berikutnya adalah pastikan aplikasi zoom yang digunakan adalah versi 5.2.0 ke atas. Hal penting berikutnya adalah PC/Laptop yang digunakan harus sudah terinstal aplikasi PowerPoint.

Selain itu, spesifikasi PC/Laptop juga harus yang mumpuni. Mumpuni dalam artian sudah mendukung spesifikasi virtual background yang sudah ditetapkan oleh zoom. Dengan demikian barulah Anda bisa mempraktikkan cara buat PowerPopint jadi background zoom.

Cara PowerPoint as Virtual Background in Zoom

Untuk membuat PowerPoint as virtual background in zoom sebenarnya tidaklah sulit. Langkah-langkahnya sendiri pun sebenarnya tidak banyak. Untuk lebih jelasnya lagi, neotekno.com akan memberikan tutorialnya:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah klik tombol Share Screen pada jendela meeting aplikasi zoom yang Anda gunakan. Setelah itu klik Advanced.
  2. Setelah mengklik Advanced, lanjutkan dengan memilih Slides as Virtual Background. Ingat, jangan sekali-kali mencentang Share computer sound.
  3. Setelah itu, pilih file presentasi PPT yang ingin ditampilkan sebagai background di aplikasi zoom tersebut. Kemudian akhiri dengan mengklik OK.

Pada saat slide presentasi PowerPoint sudah terbuka, secara otomatis slide tersebut akan tampil sebagai virtual background Anda. Nah, jika webcam atau camera sudah aktif, secara otomatis video Anda akan tampil di depan PowerPoint tadi.

Yang menjadi pertanyaan penting selanjutnya adalah bagaimana cara memindahkan antar slide PowerPoint yang sudah dijadikan sebagai virtual background di zoom? Caranya sangatlah gampang. Anda bisa memindahkan ke slide berikutnya maupun kembali ke slide sebelumnya melalui tanda panah yang ada di situ.

Kemudian, Anda pun juga bisa mengatur tampilan webcam juga. Caranya adalah dengan mengklik tiga titik (…) yang ada di menu presentasi Anda. Setelah itu pilih Resize My Video jika ingin memperbesar maupun memperkecil tampilan webcam.

Kemudian Anda pun bisa memindahkan letak tampilan webcam juga. Caranya adalah dengan mengklik area tengah tampilan webcam lalu geser mouse ke arah dimana Anda ingin memindahkan tampilan webcam tersebut.

Bagaimana, sangat mudah kan caranya. Sampai di sini pastinya Anda sudah siap untuk mempraktikkan cara PowerPoint as virtual background in zoom ini.