Beberapa Tips dan Contoh Email dalam Bahasa Inggris

Email atau electronic mail merupakan salah satu contoh surat yang dikirimkan dengan menggunakan koneksi jaringan internet. Email juga sering disebut dengan surat elektronik atau surel. Saat ini penggunaan email menjadi salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan oleh kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan ada banyak urusan yang mengharuskan seseorang untuk mengirimkan email baik email formal maupun informal. Jika kamu ingin mengirimkan sebuah email untuk orang lain, kamu harus tahu susunan email dan apa saja isi email tersebut. Sehingga, email yang kamu kirimkan cukup jelas memuat informasi yang ingin disampaikan dan tidak mengurangi nilai kesopanan.

Tips Menulis Email dalam Bahasa Inggris

Secara umum, struktur email dari beberapa domain memiliki terdiri dari beberapa bagian berikut yaitu recipient atau penerima email, subjek, badan email, dan file tambahan. Kamu harus memastikan alamat penerima email sudah tertulis dengan benar. Hal ini dilakukan agar email yang kamu kirimkan jelas diterima oleh penerima email. Selanjutnya, kamu bisa menuliskan subjek email yang berupa judul dari isi email yang kamu buat. Bagian selanjutnya adalah badan email. Bagian ini memuat pendahuluan, teks utama, dan penutup dari email. Pada bagian badan email kamu harus menjelaskan maksud dan pesan yang ingin kamu sampaikan kepada penerima email. Sementara itu, file tambahan berisi attachment file atau file yang dikirimkan sebagai tambahan informasi dari email.

Untuk membuat pendahuluan atau sebuah pengantar dari badan email, kamu bisa memulainya dengan menuliskan salam pembuka. Beberapa contoh salam pembuka yaitu Dear Mr/Mrs/Ms (nama penerima), Dear Sir/Madam, dan To whom it may concern. Selanjutnya, kamu bisa memperkenalkan diri dengan singkat seperti nama dan informasi lain yang dibutuhkan. Kamu juga bisa memilih beberapa kalimat pembuka setelah perkenalan seperti I am writing to let you know…, I am writing with regard to…, I would like to inform you that I have submitted …., dll. Jika email yang kamu kirimkan adalah email informal, kamu bisa langsung menjelaskan pesan yang ingin kamu sampaikan. Sedangkan pada bagian penutup, kamu bisa menggunakan beberapa kata berikut seperti I look forward to hearing from you soon, Best regards, Thank you in advance, Sincerely, dll.

Contoh Email yang Menggunakan Bahasa Inggris

Berikut ini salah satu contoh email dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk mengirimkan pesan kepada dosen terkait tugas yang diberikan.

Dear Prof. Ronald

My name is Lidya, a student of the Analytical Chemistry Class. I am writing to let you know that I finished the real sample analysis step of my project. In this email, I attach the result of the analysis for you to check. Thank you so much. 

Regards,

Lidya.

Terjemahan

Prof Ronald yang terhormat

Nama saya Lidya, mahasiswa dari Kelas Kimia Analitik. Saya menulis untuk memberitahu Anda bahwa saya telah menyelesaikan langkah analisis sampel asli dari proyek saya. Dalam email ini, saya lampirkan hasil analisis untuk Anda periksa. Terima kasih banyak.

Salam,

Lidya.

Similar Posts